Selasa, 16 Oktober 2012

Pesawat hercules pemburu badai



Pesawat WC-130J Hercules milik 53rd pemburu badai Weather Reconnassiance Squadron dilengkapi dengan radiometer Stepped-Frequncy Microwave yang mampu mengukur kecepatan angin. Data yang dikumpulkan meningkatkan akurasi perkiraan cuaca 30%. Pesawat ini dimodifikasi untuk menembus badai tropis yang ganas. Pesawat ini memiliki dua seri yaitu WC-130J dan C-130J yang hanya memilki perbedaan pada penambahan tangki bahan bakar eksternal supaya mempunyai daya jelejah yang lebih jauh. Selain itu terdapat radiometer di sayap kiri dan dua pengangkut kru tambahan di ruang kargo.
C-130J merupakan generasi terbaru dari pesawat Hercules C-130 dirancang untuk mampu beroperasi dari landasan kotor dan kasar serta dapat mengangkut pasukan atau peralatan ke wilayah musuh. C-130 dioperasiakn oleh beberapa divisi Angkatan Udara AS seperti Air Mobility Command, Air Force Special operations Command, komando tempur, Air National Guard dan Air Force Reserve Command untuk menjalankan misi tempur maupun perdamaian.
Pesawat ini mampu menjalankan berbagi tugas seperti mendukung pengangkutan udara, misi ke Antartika, misi aeromedis, pengamatan cuaca, misi penyemprotan suatu wilayah, pemadaman kebakaran untuk petugas kehutanan dan berbagai misi dalam bencana alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar